PENGERTIAN ILMU EKONOMI



BAB I

PENDAHULUAN

1.1  PENGERTIAN ILMU EKONOMI

            Ilmu ekonomi lahir di Yunani, tepatnya di daerah GREEK. Ekonomi berasal dari kata bahasa Yunani = “ OIKOS NOMOS “ ( oikos = rumah tangga dan nomos = mengatur ) yang berarti tata laksana rumah tangga atau permilikan. Jadi pada dasarnya ilmu ekonomi merupakan tentang prinsip-prinsip di dalam menggunakan pendapatan rumah tangga yang bersangkutan.

     Para ahli ekonomi biasanya mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai berikut “ ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku  manusia secara individu atau secara bersama-sama dalam menggunakan factor-faktor produksi yang terbatas jumlahnya untuk menghasilkan barang dan jasa-jasa yang mereka perlukan.

     Definisi lain tentang ilmu ekonomi yang lebih luas dan lengkap dipergunakan oleh Profesor PUL Anthony Samuelson seorang ahli ekonomi dari Massachusetts Institute of Technologi , sebagai berikut :
“ ilmu ekonomi adalah studi tentang cara-cara manusia dan masyarakat menentukan pilihannya dengan atau menggunakanuang untuk sumber-sumber produktif yang langka dapat mempunyai penggunaan-penggunaan alternatip untuk memproduksi berbagai barang serta pembagiannya untuk dikonsumsi baik untuk waktu sekarang maupun yang akan dating kepada berbagai golongan dan kelompok di dalam masyarakat.”

     Ada 3 hal yang penting yang dapat diambil dari definisi ilmu ekonomi yang dikemukakan oleh P.A. Samuelson tersebut di atas :

1.      Bahwa persoalan pokok di dalam ilmu ekonomi adalah masalah pemilihan ( problem of choice ). Yang dimaksud pemilihan di sini adalah pemilihan cara menggunakan sumber-sumber produktif yang mempunyai penggunaan alternatif , artinya setiap barang tidak hanya mempumyai satu pengguanaan.
2.      Bahwa sumber-sumber produktif itu merupakan barang-barang yang scare ( langka ).
3.      bahwa di dalam setiap masyarakat produksi dan konsumsi sebenarnyalah harus selalu ada bersama-sama, maksunya harus selalu ada sekelompok dari anggota masyarakat yang membuat barang-barang dan jasa-jasa guna dinikmati hasilnya oleh sekelompok anggota masyarakat yang lain.

1.2. FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI
      
1.2.1. Tanah/Land, Yaitu kekayaaan alam yang terkandung di dalam tanah seperti barang-barang tambang dan penghasilan hutannya.

1.2.2.  Tenaga Kerja/Labour, Adalah sumber daya manusia yang dapat digunakan dalam proses produksi. Oleh karena itu sebagai factor produksi tenaga kerja dibedakan 3 golongan :
a.       Golongan tenaga kerja yang tidak terdidik ( unskill labour ), termasuk dalam golongan ini adalah tenaga kerja yang tidak mempunyai pendidikan ( penarik becak, pekerja toko dll )
b.      Golongan tenaga kerja terlatih ( training labour ), termasuk dalam golongan ini adalah tenaga kerja yang telah memperoleh sedikit pendidikan dan latihan dalam bidang-bidang pekerjaan tertentu, ( tukang besi, tukang kayu dll )
c.       Golongan tenaga kerja terdidik, termasuk dalam golongan ini adalah tenaga kerja yang pendidikannya tinggi ( guru, dokter dll )
1.2.3.  Modal ( capital )
Uang tidak dapat dimasukkan sebagai factor produksi. Yang dimaksudkan sebagai modal adalah semua barang-barang yang diciptakan oleh manusia dengan tujuan untuk menghasilkan barang lain atau jasa-jasa yang akan digunakan lebih lanjut, termasuk capital misalnya; berbagai jenis mesin, gedung-gedung, jembatan dan lain-lain.

1.2.4.  Keahlian keusahawanan ( managerial skill )
Keahlian keusahawanan adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan suatu perusahaan sehingga usahanya dapat berjalan dengan efisien dan menguntungkan.

1.2  KEGIATAN EKONOMI

Adalah suatu usaha memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, ada beberapa macam kebutuhan :

1.      Menurut Kepentingannya :
a.       Kebutuhan Primer, Yaitu kebutuhan dasar manusia ( makan, pakaian, rumah dll )
b.      Kebutuhan Sekunder, Yaitu kebutuhan tambahan agar manusia dapat hidup layak ( TV, Mobil, Hp, dll )

2.      Menurut Tujuannya :
a.       Kebutuhan Pribadi ( pakaian, penddidikan )
b.      Kebutuhan Sosial ( tempat-tempat ibadah )

3.      Menurut Waktu :
a.       Kebutuhan Masa Kini ( kendaraan )
b.      Kebutuhan masa Depan ( pekerjaan )

           Unsur-unsur penunjang kegiatan ekonomi :
1.      Sumber-sumber Ekonomi ( sumber alam, sumber manusia, sumber buatan manusia )
2.      Tehnologi

1.4 PELAKU-PELAKU EKONOMI
Terbagi atas 5 kelompok :

a.       kelompok keluarga
b.      kelompok perusahaan
c.       kelompok perusahaan
d.      kelompok pemerintah
e.       kelompok Negara lain














1.5 PROSES KEHIDUPAN EKONOMI



 
                                    Land, labour, capital, enterpreneur


 
                                         Wages, rent, interest, profit


 








                                             Pembelian barang & jasa
                                            
                                             Penjualan barang dan jasa

1.6 PENDEKATAN

 Persoalan pokok ekonomi/central problem of every economiy activity meliputi :

A.    Masalah Organisasi Ekonomi
-          Masalah What/Apa ?, artinya barang-barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya .
-          Masalah How/bagaimana ? artinya bagaimana barang-barang itu dihasilkan , oleh siapa, factor produksi yang mana, dan tehnologi yang bagaimana.
-          Masalah For Who/untuk siapa ? artinya untuk siapa barang-barang itu dihasilkan.

1.7 MASALAH KEPENDUDUKAN

      Ada 3 masalah kependudukan yang dihadapi oleh dunia sekarang ini :
1.      Negara dengan jumlah penduduk yang masih sedikit ( Australia, Canada )
2.      Negara dengan jumlah penduduk yang besar ( Cina, India )
3.      Negara dengan jumlah penduduk yang padat tetapi penyebarannya tidak merata ( Indonesia, Thailand )

0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT VARIASY

Foto saya
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Variasy merupakan Media pers dibawah naungan BEM-J Ekonomi Syari'ah Blog ini milik Prodi Ekonomi Syari'ah (ESY) Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA)Banyuwangi ini merupakan media kreatifitas milik mahasiswa ESY STAIDA Blokagung Banyuwangi Jawa timur Salam Kreativitas. . .