FUNGSI UANG




·   Uang Sebagai Satuan Nilai
Satuan nilai adalah satuan ukuran yang menentukan besarnya nilai  dari berbagai jenis barang.
·   Uang Sebagai Ukuran Bayaran Tertunda
Salah satu syarat yang penting agar fungsi ini dijalankan dengan baik adalah bahwa nilai uang yang digunakan harus tetap setabil.

UANG SEBAGAI ALAT PENYIMPAN NILAI
Apabila harga – harga barang stabil menyimpan kekayaan dalam dalam bentuk uang lebih menguntungkan daripada menyimpan uang  dalam bentuk barang. Jenis utama uang bank adalah uang bank atau uang giral. Jenis kedua dari uang yang banyak di gunakan adalah  uang kertas.

JENIS UANG SEPANJANG SEJARAH
·   Jenis Uang Yang Mula-Mula Sekali Digunakan
Uang yang mula mula di gunakan terdiri dari barang barang yang sangat di butuhkan masyarakat dan yang banyak mereka gunakan dalam kehidupan sehari hari.

PENGGUNAAN EMAS DAN PERAK SEBAGAI UANG
Jenis uang yang sudah sejak lama digunakan adalah mata uang emas dan perak sifta - sifat yang menyebabkan kedua jenis logam tersebut:
-    Banyak orang yang menyukai benda tersebut karena bisa digunakan sebagai perhiasan
-    Uang dan emas mempunyai mutu yang sama
-    Kedua-duanya tidak mudah rusak
-    Jumlahnya tidak terbatas
-    Kedua barang barang itu sangat setabil nilainya karena mereka tidak berubah mutunyadalm jangka panjang dan tidak mengalammi kerusakan
Sebab sebab utrama dari kesulitan emas dan perak di terangkan dalam uaraian berikut
-    Emas dan perak memerlukan tempat yang agak besar untuk menyimpan
-    Emas dan perak merupakan benda yang berat
-    Emas dan perak sukar untuk di tambah jumlahnya

PERKEMBANGAN PENGGUNAAN UANG KERTAS DAN UANG BANK
Menggunakan uag kertas sebagai alat perantaraan dalam perdagangan menjadi dangat pesat perkembangannya setelah bank bang umum mengeluarkan uang kertas tanpa menerima emas dari para nasbahnya

PERANAN DAN KEGIATAN BANG UMUM
o  Lembaga Keuangan Dalam Ekonomi Modern
Lembaga keuangan atau institusi keuangan adlah semua perusahaan yang kegiatannya adalah meminjamkan uang yang disimpan kepada mereka.
Lembaga keuangan yang lazim terdapat  di suatu Negara dapat di bedakan menjadi beberapa jenis :
-          Pasaran saham
-          Simpanan dalm bentuk tabungan
-          Bank tabungan
-          Perusahaan asuransi
-          Bank umum atau bank perdagangan

BEBERAPA KEISTIMEWAAN DARI BANK UMUM
Beberapa keistimewaan umum yang tidak dimiliki oleh lembaga lainnya bebrapa keistimewaan itu adalah kesanggupan bang untuk menciptakan tabungan yang dapat swaktu waktu diambil dengan menggunakan cek.
Keistimewaan yang kedua dari bang umumbersumber kemampuannya untuk menciptakan daya beli baru atau menggunakan daya beli yang ada dalm perekonomian.
Keistimewaan yang ketiga dari bank umum bersumber dari corak kegiatan meminjam uang yang dilakukannya.

NERACA SUATU BANK UMUM
-    Pada Tahun 1990 Uang Kartalmerupakan Bagian Yang Lebih Dari Uang Giral
-    Jumlah uang yang beredar dalam arti yang sempit uang kuasi mengalami pertambahan yang lebih cepat dari kartal dan giral
-    Sebagai akibat uang kuasi yang pesat ,M2 likuiditas perekonomian atau uang bereda dalam pengertian luas.

KEKAYAAN MUDAH TUNAI
Kekayaan mudah tunai adalah harta – harta yang bersifat uang dari berbagai jenis kekayaan yang dapat ditukarkan dengan barang atau dalam waktu yang cepat dan tanpa kerugian nilai.

PERKEMBANGAN DAN PERANAN BANK CENTRAL
Yaitu bank yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mengatur kegiatan  lembaga – lembaga keuangan yang terdapat dalam perekonomian,berdasarkan kepada fungsi yang harus dilaksanakan ini bank dapat di definisikan sebagai sebuah lembaga kekuangan yang umumnya yang dimilik pemerintah yang diserahi tanggung jawab untuk mengawasi kestabilan lembaga – lembaga keuangan dan menjamin agar  kegiatan kegiatan lembaga – lembaga keuangan itu akan menciptakan tingkat kegiatan ekonomi yang tinggi dan stabil.

PERBEDAAN KEGIATAN BANK SENTRAL DAN BANK UMUM
-       Dalam perekonomian hanya terdapat satu bank sentral, sebaliknya bank umum mempunyai jumlah yang lebih banyak
-       Bank umum kebanyakan dimiliki oleh swasta , dinegara maju dan berkembang bank sntal dimiliki oleh pemerintah.
-       Tujuan kegiatan bank sental dan bank umum berbeda, Tujuan dari bank umum yang utama adalah berusaha agar kegiatan mereka dapat menghasilkan dan memberikan keuntungan kepada para pemiliknya, sedangkan salah satu tujuan penting bank sental adalah untuk mengawasi dan mengatur kegiatan bank umum dan lembaga keuangan lainnya.
-       Bank sentral diberi kekuasaan untuk mencetak uang kertas atau logam, sedangkan bank umu tidak mempunyai kekusaan untuk mencetak uang .

TUGAS – TUGAS BANK SENTRAL
Bank sentral ditugaskan oleh pemerintah untukmenjalankan lima kegiatan yaitu :
1.   Bertindak sebagai bank kepada Negara
2.   Bertindak sebagai bank kepada bank – bank umum
3.   Mengawasi kegiatan bank umum dan lembaga – lembaga keuangan lainnya
4.   Mengawasi keseimbangan kegiatan perdagangan luar negri
5.   Mencetak uang logam dan uang kertas yang diperlukan untuk melncarkan kegiatan produksi dan perdagangan.

BANK SENTRAL SEBAGAI BANK KEPADA PEMERINTAH
Untuk mengurus pengeluaran dan pendapatan pemerintah, ia memerlukan jasa-jasa bank, dan bank sentral didirikan untuk memenuhi kebutuhan ini. Adakalanya pemerintah berbelanja lebih dari pendapatan yang di perolehnya, oleh sebab itu pemerintah harus meminjam ke negara-negara maju dengan mengeluarkan treasury bill, yaitu pinjaman pemerintah yang akan kembali dalam jangka pendek. Adakalanya berjangka enam bulan, sembilan bulan, dan satu tahun. Cara lainnya dengan mengeluarkan surat pinjam jangka panjang (obligasi).


BANK SENTRAL SEBAGAI BANK KEPADA BANK UMUM
Bank sentral disebut juga sebagai sumber pinjaman terakhir (lender of  last-resort). Artinya Bank Sentral adalah bank dari bank-bank lainnya. Tugas dari Bank Sentral ialah harus memberikan bantuan berupa pinjaman atau bersedia membeli surat-surat berharga yang di jual oleh bank umum. Dalam keadaan dimana bank umum tidak dapat memperoleh uang tunai untuk memperbaiki keadaan uang cadangannya, maka Bank Sentral akan bertindak sebagai lembaga yang menyediakan uang tunai tersebut.

MENGAWASI KEGIATAN BANK UMUM DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA
Lembaga-lembaga keuangan, merupakan perusahaan yang mencari keuntungan dari meminjamkan uang yang dimilikinya atau yang ditabungkan kepadanya. Pinjaman yang tidak diawasi akan menyebabkan badan keuangan meminjamkan uangnya kepada usaha-usaha yang beresiko tinggi. Apabila usaha itu gagal maka, mereka tidak akan memperoleh kembali uang yang mereka pinjamkan. Tindakan ini akan memperburuk masalah inflasi. Untuk mengatasi hal ini Bank Sentral dapat melaksanakan beberapa langkah yang digolongkan sebagai kebijakan moneter. Kebijakan moneter dapat diartikan sebagai kebijakan-kebijakan Bank Sentral untuk mempengaruhi kegiatan ekonomi dengan mengawasi jumlah uang yang beredar, tingkat bunga, ataupun kedua-duanya.

MENGAWASI KEGIATAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI
Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk menciptakan kestabilan ekonomi adalah dengan mempertahankan kestabilan nilai kurs mata uang asing dengan cara menaikkan tingkat bunga. Langkah lainnya adalah membatasi impor sebab salah satu faktor yang dapat mempengaruhi nilai mata uang adalah keadaan perdagangan luar negeri dimana impor lebih besar dari ekspor.

MENCETAK UANG YANG DIPERLUKAN UNTUK MELANCARKAN KEGIATAN PRODUKSI DAN PERDAGANGAN
Pemerintah memberi kekuasaan kepada Bank Sentral untuk mencetak uang yang diperlukan dalam kegiatan perdagangan dan produksi. Dalam hal ini bank sentral mendapat dua tugas pertama; bertugas untuk mengeluarkan uang dan bagian lainnya melakukan tugas-tugas Bank Sentral yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT VARIASY

Foto saya
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Variasy merupakan Media pers dibawah naungan BEM-J Ekonomi Syari'ah Blog ini milik Prodi Ekonomi Syari'ah (ESY) Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA)Banyuwangi ini merupakan media kreatifitas milik mahasiswa ESY STAIDA Blokagung Banyuwangi Jawa timur Salam Kreativitas. . .