KESEIMBANGAN PEREKONOMIAN DALAM MODEL IS-LM



RESUME
KESEIMBANGAN  PEREKONOMIAN DALAM MODEL IS-LM

DosenPembimbing :
Lely ana ferawati ekaningsih.SE.,MH.,MM




Disusunoleh:
1.     Mohammad Idrus romtomi
2.     Mohammad zaqi qusaini
3.     Dzuriyana wahidah
4.     Tri utami

JURUSAN EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DARUSSALAM
(STAIDA)
BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI
TAHUN 2011



KESEIMBANGAN PEREKONOMIAN DALAM MODEL IS-LM
TigaAspek yang berhubungandengankeseimbanganperekonomian dalam model IS_LM :
·         Penentuankeseimbanganperekonomian Negara
·         Berbagaikemungkinanperubahankeseimbangan
·         Multiplier dalam model IS-LM


KESEIMBANGAN PENDAPATAN NASIONAL DALAM MODEL IS-LM
            Denganmenggunakangambar 8.8 keseimbangan dan ketidakkeseimbangan perekonomian dalam model IS LM. Duagrafik a dan b dibuat untuk menerangkannya. Keseimbangan dalam perekonomian tercapai dititik E, oleh karena secara serentak sector riildan sector keuangan mengalami keseimbangan.
A.    PERUBAHAN-PERUBAHAN KESEIMBANGAN IS-LM
perubahan dalam keseimbangan disebabkan oleh perubahan-perubahan yaitu: INVESTASI PERUSAHAAN , PENGELUARAN PEMERINTAH, PAJAK, PENAWARAN UANG.
Akibat dari tiap-tiap perubahan ini kepada tingkat bunga dan pendapatan nasional ditunjukkan dalam gambar 8.9. Untuk setiap perubahan yamh dibuat dimisalkan berlaku suatu pertambahan (kenaikan). Walau bagaimanapun disimpulkan juga apabila terjadi perubahan yang sebaliknya, yaitu terjadi penurunan.
B.     PERTAMBAHAN INVESTASI PERUSAHAAN DAN PENGELUARAN PEMERINTAH
Perubahan investasi perusahaan dan pengeluaran pemerintah tidak mempengaruhi kurva LM. Perubahan keseimbangan tersebut dapat disimpulkan :

                         I.            Grafik (a) dan (b) menunjukkan bahwa pertanbahan investasi perusahaan dan pengeluaran pemerintah akan mengakibatkan tingkat bunga naik (r0 menjadi r1) dan pendaoatan nasional juga naik (dari y0 menjadi y1).
                      II.            Apabila investasi dan pengeluaran pemerintah merusot  akibatnya adalah tingkat bunga menurun dan pendapatan nasional juga turun.
C.    PERTAMBAHAN PAJAK
Pajak merupakan bocoran dan kenaikannya akan mengurangi pengeluaran agregat. Apabila pajak yang dikumpulkan pemerintah bertambah, pendapatan disposebel dan seterusnya konsumsi dan tabungan rumah tangga akan berkurang. Oleh karena itu konsumsi adalah kompenan dari perbelanjaan agregat, maka pengurangan konsumsi akan mengurangi tingkat kegiatan perekonomian dan pendapatan nasional.
Akibat perubahan pajak :
                         I.            Pertambahan pajak, pendapatan nasional dan tingkat bunga menurun, yaitu dari Y0 menjadi Y1 dan r0 menjadi r1.
                      II.            Apabila dilakukan pengurangan pajak, tingkat bunga dan pendapatan nasional akan meningkat.
D.    PERTAMBAHAN PENAWARAN  UANG
keseimbangan ini dapat dibuat kesimpulan mengenai akibat perubahan penawaran keseimbangan  yaitu:
Pertambahn penawaran uang, seperti ditunjukkan dalam grafik (d), akan menurunkan tingkat tingkat bunga dan menambah pendapatan nasional. Penurunan penawaran uang akan menaikkan tingkat bunga dan mengurangi pendapatan nasional
E.     ANALISIS KESEIMBANGAN PENDAPATAN NASIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AD-AS
Kurva AD (aggrgate demand) adalah sebagai satu kurva yang menggambarkan permintaan keseluruhan yang akan terwujud dalam perekonomian pada berbagai tingkat harga. Dari definisi sudah disimpulkan bahwa kurva AD menggambarkan keadaan dengan berbeda dengan kurva AE. Kurva AE menggambarkan jumlah permintaan/perbelanjaan dalam keseluruhan perekonomian pada berbagai permintaan pendapatan nasional dalam keadaan harga dan tingkat bunga yang tidak mengalami perubahan.
Kurva AS(aggregat supply), menggambarkan pendapatan nasional (harga.barang dan jasa) yang akan di produksikan sektor perusahaan dan berbagai  tingkat harga
Dengan menggunakan model AD-AS dapat di perhatikan akibat perubahan perubahn AD dan AS ke atas keseimbangan pendapatan nasional dan tingkat harga.
F.     BENTUK DAN PENENTU-PENENTU KURVA AD
MEMBENTUK KURVA AD
Cara menciptakan kurva AD dari grafik IS LM dalam model IS LM untuk menciptakan kurva AD dari grafik IS LM. Dalam model IS LM keseimbangan awal dicapai di E0 yaitu pada perpotongan kurva LM (M0,P0) dan IS. Kurva Lm (M0,P0) menggambarkan bahwa penawaran uang adalah M0 dan tingkat harga adalah P0. Pendapatan nasional adalah dan tingkat bunga ialah r0.
Gambar 8.11
MembentukKurva AD Dari Keseimbangan IS-LM

Dalam grafik (a) digambarkan tiga keseimbangan Yaitu: E0 yang merupakan potongan diantara IS dengan LM (m0,p0). E1 yaituperpotongan diantara IS dengan LM (m0,p1) dan E2 merupakan perpotongan antara keseimbangan.
Kedudukan dari ketiga-tiga keseimbangan ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi harga,semakin tinggi tingkat bunga tetapi pendapatan nasional semakin rendah.
G.    PERUBAHAN KURVA AD
Perubahan dalam investasi perusahaan, pengeluaran pemerintah dan pajak akan memindahkan kurva AD. Disamping itu perubahan kurva AD dapat pula disebabkan oleh perubahan dalam penawaran uang.
Investasi, pengeluaran pemerintah dan pajak akan mempengaruhi kurva IS. Pertambahan investasi dan pengeluaran pemerintah akan memindahkan kurva IS ke kanan, sedangkan kurva LM tetap. Maka kurva AD akan bergeser kesebelah kanan.

Gambar 8.12
Akibat Kenaikan Investasi Perusahaan dan Pengeluaran Pemerintah Ke Atas Kurva AD
Akibat pertambahan penawaran uang kepada permintaan agregat ditunjukkan dalam gambar 8.13. Penawaran uang yang bertambah tersebut memindahkan kurva LM (M0, P0) menjadi LM (m1,P0), kurva IS tidak mengalami perubahan.
GAMBAR 8.13
Akibat Pertumbuha Penawaran uang Ke Atas Kurva AD

BENTUK DAN PENENTU-PENENTU KURVA AS
Dalam analisis keynes, penawaran agregat tidak begitu diperhatikan. Kekurangan perhatian dalam menganalisis kegiatan perekonomian dari segi penawaran disebsbkan oleh keyakinan keynes dan penyokong-penyokongnya yang berpendapat bahwa tingkat kegiatan perekonomianditentukan oleh perbelanjaan agregat.
Keynes berpendapat selama masih terdapat pengannguran , tenaga kerja tidak akan mengadakan tuntutan kenaikan upah . maka ongkos produksi adalah relatif stabil apabila tingkat penggunaan tenaga kerja penuh belum tercapai. Kestabilan ongkos produksi tersebut memungkinkan kestabilan tingkat harga apabila tingkat pengguna tenaga kerja penuh belum tercapai.
Gambar 8.14
KurvaPenawaranAgregat

    (a) Keynes
     (b) Klasik

H.    BENTUK-BENTUK KURVA AS
Ahli ekonomi klasik berpendapat tingkat pengguna tenaga kerja penuh selalu tercapai. Maka dalam pemikiran makroekonomi klasik kurva AS ditunjukkan dalam grafik (b) berbentuk tegak lurus.
Hubungan diantar harga dan pendapatan nasional disebabkan oleh tiga faktor yaitu :
                         I.            Semakin tinggi pendapatan nasional semakin tinggi penggunaan kapasitas memproduksi berbagai perusahaan.
                      II.            Penggunaan tenaga kerja yang semakin banyak akan menurunkan penganguran dan pada akhirnya masalah memperoleh tenaga kerja baru untuk melakukan ekspansi perusahaan akan terwujud.
                   III.            Apabila tingkat kegiatan ekonomi semakin mendekati tingkat penggunaan tenaga kerja penuh, perusahaan tidak mempunyai masalah dalam menjual barang dan jasa yang dihasilkannya dan sering sekali tidak dapat dengan cepat melayani permintaan langganannya.

I.       PERUBAHAN PERUBAHAN KURVA AS
Perpindahan kurva AS ke kiri atau kekanan dinamakan kejutan penawaran atau supply shocks. Penyebab-penyebab utama dari berlakunya kejutaan penawaran:
1.      Kenaikan harga-harga input. Kurva AS akan berpindah kesebelah kiri apabila harga-harga input meningkat.
Gambar 8.15
Kejutan-KejutanPenawaran

2.      Kenaikan produktivitas kegiatan memproduksi. Dapat dilihat dari dua segi yaitu kenaikan produktivitas barang-barang modal dan kenaikan produktifitas tenaga kerja.kenaikan produktifitas barang-barabg modal biasanya berlaku sebagai akibat kemajuan teknologi.








0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT VARIASY

Foto saya
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Variasy merupakan Media pers dibawah naungan BEM-J Ekonomi Syari'ah Blog ini milik Prodi Ekonomi Syari'ah (ESY) Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA)Banyuwangi ini merupakan media kreatifitas milik mahasiswa ESY STAIDA Blokagung Banyuwangi Jawa timur Salam Kreativitas. . .