ANALISIS LM ( KESEIMBANGAN PASAR UANG )




 TEORI PERMINTAAN UANG
Teori permintaan uang yang terdapat pada pasar uang itu ada beberapa model, yang di antaranya adalah permintaan uang sebelum Keynes, permintaan menurut Keynes, dan permintaan uang sesudah Keynes ( post Keynes ).
a.  Teori permintaan uang sebelum Keynes, sering juga di sebut dengan permintaan uang klasik, artinya karena landasan pemikiran mengenai perekonomian yang slalu berada dalam keadaan seimbang.
b.  Teori permintaan uang menurut Keynes adalah permintaan uang (md) dalam analisis Keynes di dasarkan atas 3 yaitu:
1.  Motif transaksi ( permintaan uang untuk transaksi )
Adalah menjebatani priode permintaan dan pengeluaran seseorang yang melakukan pengeluaran setiap hari, sedangkan penerimaan tidak terjadi setiap hari. Maksudnya bahwa peranan uang itu sangat penting bagi seseorang untuk melakukan transaksi, sehingga secara sistematis dapat di tulis sebagai berikut:
Mt = f (y)
Mt = kt y
Ket:
Mt _ jumlah uang yang di lakukan untuk motif transaksi.
K   _bilangan konstanta.
Y   _ pendapatan atau penghasilan.
2.  Motif Berjaga-jaga.
Menurut keynes, antisipasi terhadap pengeluaran yang di rencanakan dan yang tidak di rencanakan menyebutkan seseorang akan memegang uang lebih besar dari pada untuk tujuan transaksi.
Dalam motif ini sama halnya dengan motif transaksi yang besarnya sangat tergantung pada penghasilan atau pendapatan seseorang. Sehingga dalam model matimatiknya dapat di tunjukan dalam model berikut:
Mj = f (y)
Mj = kj y
Ket:
Mj _Jumlah uang yang di gunakan untuk motif berjaga-jaga
K  _Variable Konstanta
Y  _Penghasilan ( Pendapatan )
Fungsi pendapatan dari motif transaksi bila di hubungkan dengan motif berjaga-jaga maka dapat di beri symbol MI, sehingga MI tersebut merupakan jumlah uang yang beredar yang di gunakan untuk motif transaksi dan berjaga-jaga.
Secara sistematis dapat di tunjukan sebagai berikut:
Mt=f (y)
Mj=f(y) maka
Mt+Mj = MI atau MI = Mt+Mj






3.     Motif Spekulasi  ( Speculation Motive )
Menurut kaum econom Cambridge mengatakan bahwa permintaan uang tunai juga tergantung dari tingkat bunga dan harapan mengenai harga-harga di mana yang akan datang. Dalam motif ini Keynes menyatakan secara eksplisif dalam model mengenai pengaruh tingkat bunga dan harapan mengenai harga yang akan datang.
Menurut Keynes ada 2 asumsi mengenai alasan seseorang memegang kekayaan.
a.     Dalam bentuk uang tunai di atas uang yang di perlukan untuk tujuan transaksi dan berjaga-jaga.
b.     Dalam bentuk surat berharga seperti Saham, Obligasi.

Pada gambar kurva di atas, hubungan antara tingkat bunga dengan (Motif Spekulasi) menunjukan hubungan yang Negative, sehingga di dalam kurva juga menunjukan arah Negative.



MENENTUKAN KESEIMBANGAN PASAR UANG
Mengenai pembahasan permintaan (Md) dan penawaran uang (Ms). Pasar uang akan berada dalam keseimbangan apabila penawaran uang (Ms) sama dengan permintaan uang (Md). Menurut analisa Keynes menyatakan bahwa permintaan uang itu karna di pengarui oleh 3 tujuan (Motif) yaitu motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif spekulasi. Dari ke tiga motif tersebut akan menggambarkan model keseimbangan pasar uang (Analisa Lm) sehingga  akan terbentuk fungsi Lm yang menggambarkan hubungan antara tingkat pendapatan Nasional pada berbagai kemungkinan tingkat bunga yang memenuhi syarat keseimbangan pasar uang.
MENENTUKAN FUNGSI DAN KURVA LM
Untuk menentukan fungsi LM, terlebih dahulu mengasumsikan bahwa jumlah uang disebut sebagai jumlah uang beredar dalam perekonomian di asumsikan sebagai Variable Eksogen.
M = m
Kemudian permintaan uang terdiri dari motif transaksi, berjaga-jaga dan spekulasi dibuat model sebagai berikut:
Mt = Motif Transaksi
Mj = Motif Berjaga-Jaga
Mt dan Mj = tergantung dari pendapatan atau dalam sistematis ditulis
Mt = f (y)  _ Mt = kt y
Mj = f(y)   _ Mj = kj y)
Mt+Mj = MI, karna MI = f (y) maka fungsi MI = KI y jadi = Mt+ Mj = MI atau Kt y+ Kj y = KI y.

MENURUNKAN KURVA DAN GRAFIK FUNGSI LM
Kurva LM adalah kurva yang menggambarkan keseimbangan di pasar uang. Kurva LM merupakan suatu kurva yang menghubungkan titik-titik besarnya pendapatan nasional (y) pada tingkat bunga (i). hubungan antara tingkat bunga dengan pendapatan di dalam uang pasar mempunyai hubungan yang Positif, dengan demikian lereng kurva (Slope) dalam kurfva LM adalah Positif. Adapun kurfva LM (keseimbangan pasar uang) adalah sebagai bertikut:

Dalam kurva LM ini di jelaskan. Bahwa semakin tinggi tingkat bunga mengakibatkan bertambahnya pendapatannya. Pendapatan keseimbangan dalam pasar uang, dimana tinkat bunga berubah dari I1 naik menjadi I2, mengakibatkat berubahnya pendapatan dari y1 menjadi y2.


PEMBENTUKAN KURVA LM

Kurva LM menggambarkan keseimbangan yang berlaku di pasaran uang. Ada berbagai tingkat pendapatan nasional. Uraian mengenai teori Moneter yang di kemukakan oleh Keynes telah menunjukan bahwa (i) tinkat bunga di tentukan oleh permintaan dan penawaran uang. Dan (ii) salah factor yang menentukan permintaan uang adalah pendapatan nasional yaitu semakin tinggi pendapatan nasional, semakin tinggi permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga.
Kedua factor ini menyebabkan keseimbangan di pasar uang. Yaitu keseimbangan di antara permintaan dan penawaran uang sangat erat hubungannya dengan pendapatan Nasional.

MEMBENTUK KURVA LM DARI PERUBAHAN
KESEIMBANGAN SECTOR KEUANGAN

Gambar di bawah ini cara membentuk kurva LM dari menganilis perubahan-perubahan dalam keseimbangan di antara permintaan dan penawaran uang.
       
        

Cara lain membentuk kurva LM














Dari gambar di atas, cara lain untuk membentuk kurva LM adalah dengan menggunakan grafik empat kuadrat.
1.  Permintaan uang untuk tujuan Psekulasi (Ds) yaitu permintaan uang di tentukan oleh tingkat bunga, semakin tinggi tingkat bunga sedmakin dikit permintaan uang untuk tujuan Spekulasi.
2.  Jumlah penawaran uang yang nilainya berada pada sumbu yang menunjukan permintaan uang untuk Spekulasi (Ds) atau sumbu yang menunjukan permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga (Dt)
3.  Hubungan di antara permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga dengan pendapatan nasional yaitu semakin tinggi pendapatan Nasional, semakin besar permintaan uang.
Sifat perhubungan ini di gambarkan oleh kurva Dt. Berdasarkan kurva Dt tersebut dalam kuadran III di tunjukan pada pendapatan Nasional sebanyak Y, permintaan uang untuk spekulasi dan berjaga-jaga adalah Dti dan pada pendapatan nasional sebanyak Yo permintaan uang untuk spekulasi dan berjaga-jaga adalah Dto.
4.  Kurva Lm dapat di gambarkan dengan dua kuadran keseimbangan pada dua tingkat bunga.
a.       Tingkat bunga adalah ro. Pada tingkat bunga ini permintaan uang untuk spekulasi adalah DsO dan apabila keseimbangan di pasaran uang berlaku, permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga adalah DtO. Dan hanya berlaku apabila pendapatan nasional adalah Yo.
b.       Misalkan tingkat bunga adalah ri. Pada tingkat bunga ini permintaan uang untuk spekulasi adalah DsI.
Dan permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga haruslah mencapai dti agar keseimbangan permintaan dan penawaran uang terwujud.

PERUBAHAN-PERUBAHAN KURVA LM

Pembentukan kurva LM dengan menggunakan grafik empat kuadran di atas dapat di lihat bahwa ada 3 faktor yang mempengaruhi pembentukan kurva tersebut, yaitu
Penawaran uang, permintaan uang untuk transaksi berjaga-jaga dan permintaan uang untuk spekulasi.
Sifat dari ke-3 tujuan untuk meminta uang untuk spekulasi, transaksi dan berjaga-jaga adalah Relative Stabil.
Jadi perubahan-perubahan dalam kurva LM di sebabkan oleh perubahan dalam penawaran uang.
Dalam gambar di bawah ini adalah dengan menggunakan empat kuadran di tunjukan akibat dari pertambahan penawaran uang dari MsO menjadi MsI. Kurva Ds dan Dt masing-masing adalah permintaan uang untuk spekulasi dan permintaan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga. 

0 komentar:

Posting Komentar

ABOUT VARIASY

Foto saya
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Variasy merupakan Media pers dibawah naungan BEM-J Ekonomi Syari'ah Blog ini milik Prodi Ekonomi Syari'ah (ESY) Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA)Banyuwangi ini merupakan media kreatifitas milik mahasiswa ESY STAIDA Blokagung Banyuwangi Jawa timur Salam Kreativitas. . .